Sabtu, 18 Januari 2014

Polar Vertex, Membekukan Sebagian Wilayah Amerika

Apa Itu Polar Vertex ? Polar vortex adalah sistem bertekanan rendah yang tebal dan dingin. Udara dapat berubah arah sewaktu bergerak. Polar vortex ini dimulai di Kanada. Setelah melintasi perbatasan, pusaran itu bergerak jauh ke Amerika tenggara
Polar vortex mengakibatkan suhu paling dingin dalam 20 tahun terakhir ke banyak kawasan di Amerika.



Bagaimana cuaca ekstrem itu  terjadi ? dengan sistem tekanan rendah di dekat Kutub Utara. Saat Udara kutub itu berhembus ke selatan dengan angin kencang. Udara dingin itu melumpuhkan sebagian besar Amerika tengah, memaksa sekolah, kantor pemerintah dan bisnis tutup.



Dikutip dari voaindonesia Setidaknya 20 orang tewas karena cuaca dingin se-Amerika itu. Para pakar kesehatan menganjurkan orang-orang untuk tidak berada di luar ruangan lebih dari 20 menit. Mereka memperingatkan akan frostbite atau radang dingin yang dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh membeku.

Suhu minus 10 derajat Celcius atau lebih rendah dilaporkan terjadi di Washington, New York, Boston dan Philadelphia. Bahkan, suhu di semua atau sebagian dari 50 negara bagian sempat berada di bawah titik beku.

Pengaruh polar vortex sangatlah luas. Perusahaan penerbangan membatalkan lebih dari 11.000 penerbangan selama empat hari. Cuaca dingin juga mengganggu layanan kereta api. Di selatan, Tennessee Valley Authority mencatat rekor penggunaan energi listrik tertinggi karena pemilik rumah berjuang untuk tetap hangat dengan memasang mesin penghangat mereka pada tingkat maksimum.

Dan bukan hanya Amerika Utara yang mengalami dingin yang ekstrim. Di Samudra Pasifik, sebuah kapal penelitian Rusia terjebak dalam es selama lebih dari seminggu. Kapal Shokalskiy meninggalkan Selandia Baru pada tanggal 28 November. Kapal itu mengangkut 52 penumpang ketika terjebak. Mereka diselamatkan tanggal 2 Januari, ketika sebuah helikopter menerbangkan mereka ke sebuah kapal pemecah es Australia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar